Jumat, 21 Mei 2010

INFO : Pelatihan Dan Pembingan Karya Tulis Ilmiah Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Peningkatan Dan Pengembangan Profesi Guru

LATAR BELAKANG MASALAH

Sesuai Undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, peraturan pemerintah dan UU tentang Guru dan Dosen pasal 8, dinyatakan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, dan sebagainya. Kompetensi akademik meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Sesuai dengan tuntutan di atas, maka guru harus memiliki sejumlah hak peningkatan pangkat profesionalnya.
Untuk memperoleh hak kenaikan pangkat dari IV/a ke IV/b diperlukan kemampuan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah (KTI). Untuk membantu guru keluar dari kesulitan tersebut diperlukan pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah, dan salah satu kegiatan yang memungkinkan untuk membantu guru adalah pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian Tindakan Kelas pada hakekatnya merupakan kegiatan ilmiah yang mampu merefleksikan kegiatan pembelajaran di kelas melalui penelitian ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dengan prosedur dan persyaratan yang bisa dilakukan seorang guru tanpa mengurangi perhatiannya pada kelas dan prestasi siswa.

T U J U A N

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru agar:
1. Memahami prinsip dan prosedur PTK
2. Mampu merancang dan menulis proposal PTK
3. Mampu melakukan PTK dari tahap planning, action, observation, sampai reflection.
4. Mampu menyajikan hasil PTK dalam bentuk laporan penelitian dan artikel jurnal ilmiah.

BENTUK KEGIATAN


1. Pelatihan merupakan kegiatan awal untuk memperkenalkan PTK kepada guru. Materi pelatihan meliputi cara mengidentifikasi masalah, melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan cara menyusun proposal penelitian.
2. Pendampingan bertujuan untuk mendampingi guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan memberi arahan cara-cara penulisan laporan penelitian dan artikel.
3. Seminar dilakukan untuk melaporkan dan mendiskusikan hasil penelitian.
4. Penerbitan jurnal adalah kegiatan lanjutan setelah artikel peserta selesai disusu.Jurnal yang dimaksud adalah edisi khusus yang diterbitkan oleh LPPM UPI.

Waktu /
Date 12 Juni 2010
Lokasi /
Location LPPM UPI Lt 3
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung
Peserta /
Participant Kegiatan pelatihan diikuti oleh guru semua jenjang kepangkatan dan semua bidang studi pada semua jenjang pendidikan
Biaya /
Fee Rp 1.750.000, (bisa dicicil)

Kontak /
Contact LPPM UPI
Telp/Fax 022-2002007
Hp 08122454454

sumber: http://www.upi.edu

1 komentar:

  1. wah gaya uy SMAN 1 PLUMBON duwe blog...HEBAT!!!!
    spa niy yg buat....

    BalasHapus